Rabu, 25 Januari 2012

Kamus Kimia

Abrasif : Bahan yang digunakan untuk menggosok dan memberihkan permukaan suatu benda dengan cara mengamplas. Jenis pengamplasan ini dapat berupa butiran, kertas dan roda.

Absorption : Proses penyerapan Energi panas atau radiasi suatu zat oleh zat lainnya

Aseton : Senyawa organik dengan formula CH3COCH3 dengan Sifat cair, tidak berwarna, berbau tajam, mudah menguap, mudah terbakar, dan larut dalam alkohol, air, eter, dan kloroform. Merupakan keton Sederhana dan digunakan sebagai pelarut.

Ragi : Campuran dari senyawa Hidrogen karbonat dan asam lemah, biasanya asam tathidrat dengan sodium hidrogen karbonat. Campuran ini bila dipanaskan akan menghasilkan gelembung karbon dioksida. Gelembung ini akan menaikkan adonan roti.


Caffeine : Zat yang berwarna putih, bersifat diuretik dan stimulans terhadap sistem pusat syaraf. Zat ini banyak terdapat dalam daun teh dan biji kopi.

Humus : Senyawa organik yang berwarna cokelat gelap yang dihasilkan dari dekomposisi bahan organik seperti daun-daun, kayu dan kotoran hewan. Humus terdapat pada permukaan tanah dan mengandung asam Humat, asam fulvat yang bercampur dengan tanah.

Iradiasi : Pancaran Sinar, misalnya sinar X, sinar ultra violet, sinar gamma dan yang lainnya yang dikenakan pada permukaan suatu benda atau bagian tubuh pasien.

Katode : Elektrode negatif yang terpasang pada sel elektrolisis.

Silika Gel : Bahan yang mengandung silika amorph dan bersifat dapat menyerap kelembaban dari lingkungan sekitarnya. silika gel digunakan sebagai bahan pendingin ataupun bahan pengencer dalam kosmetik.

Teflon : Nama Dagang untuk polimer tetrafluoroetilen (TEF) yang digunakan sebagai bahan lapisan anti lengket dalam alat dapur dan setrika.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar